Kali ini postingan saya tentang
tugas terakhir untuk mata kuliah Desain Pemodelan grafik. Dimana isinya adalah
rangkuman dan kesimpulan tentang semua tugas Desain Pemodelan Grafik serta
pengertian Desain Pemodelan Grafik berdasarkan tugas-tugas ini namun menurut
versi saya karena didalam pengertian yang akan saya tulis disini adalah
pengertian yang sudah saya dapatkan selama mengerjakan tugas Desain Pemodelan
Grafik ini.
1. Rangkuman dan Kesimpulan Tugas
1. Rangkuman dan Kesimpulan Tugas
Dapat disimpulkan bahwa Desain
Pemodelan Grafik merupakan suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek baru
menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan-tahapan yaitu membuat,
menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Desain diartikan sebagai suatu
seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Sedangkan
pemodelan merupakan tahap dimana akan dibentuk suatu obyek. Dan grafik adalah
cara-cara membentuk bentuk huruf, tanda serta gambar menggunakan proses
pencetakan. Gambar dengan format vektor identik dengan garis dan kurva dimana
garis dan kurva tersebut akan menghasilkan suatu obyek atau gambar. Sedangkan
gambar format bitmap merupakan susunan pixel dimana setiap pixel berdiri
sendiri dan memiliki warna sendiri untuk membentuk sebuah gambar.
Konversi Gambar Bitmap Ke Vektor Dan Konversi Gambar Vektor Ke Bitmap
Konversi Gambar Bitmap Ke Vektor Dan Konversi Gambar Vektor Ke Bitmap
Konversi bitmap ke vektor biasa
disebut dengan proses tracing. Sedangkan proses konversi vektor ke bitmap biasa
disebut rusting. Proses konversi ini dilakukan pada suatu perangkat lunak
pengolah gambar. Sebagian orang melakukan konversi adalah ingin mempertegas
tampilan gambar, untuk keperluan editing, serta perbaikan gambar yang kurang
baik.
Manfaat Desain dan hubungannya dengan Budaya
Manfaat Desain dan hubungannya dengan Budaya
Sebuah budaya dapat digambarkan
melalui suatu desain. Untuk Indonesia sendiri contohnya adalah batik. Batik
merupakan suatu kerajinan yang memiliki seni tinggi yang telah menjadi bagian
dari budaya Indonesia. Awalnya motif pada batik hanya berupa bentuk binatang
dan tanaman. Namun seiring berjalannya waktu, motif binatang dan tanaman
tersebut berkembang menjadi motif yang menyerupai awan, relief, candi, wayang,
dsb. Contoh lainnya adalah candi borobudur. Pada dinding candi terdapat relief
yang bergaya naturalis yang menampilkan gambar-gambar seorang bangsawan, rakyat
jelata, pertapa, hewan dan juga tumbuhan.
Peranan Desain Untuk InteraksiManusia Dengan Komputer - Bagian 1
Suatu interaksi manusia dan komputer merupakan suatu proses interaksi antara sebuah komputer dan seorang manusia. Proses interaksi disini digunakan untuk mempermudah manusia berinteraksi dengan komputer itu sendiri sehingga dapat menghasilkan tujuan yang diharapkan. Dengan adanya desain, diharapkan dapat mewakili arti dari fungsi menu tersebut.
Peranan Desain Untuk InteraksiManusia Dengan Komputer - Bagian 1
Suatu interaksi manusia dan komputer merupakan suatu proses interaksi antara sebuah komputer dan seorang manusia. Proses interaksi disini digunakan untuk mempermudah manusia berinteraksi dengan komputer itu sendiri sehingga dapat menghasilkan tujuan yang diharapkan. Dengan adanya desain, diharapkan dapat mewakili arti dari fungsi menu tersebut.
Peranan Desain Untuk InteraksiManusia Dengan Komputer - Bagian
2
Komputer merupakan suatu alat elektronik yang dapat menjalankan atau mengerjakan alias membantu manusia untuk memecahkan problem manusia sesuai dengan tujuan dibuatnya sebuah computer
Komputer merupakan suatu alat elektronik yang dapat menjalankan atau mengerjakan alias membantu manusia untuk memecahkan problem manusia sesuai dengan tujuan dibuatnya sebuah computer
KESIMPULAN : Dengan tugas-tugas yang diberikan di mata kuliah Desain Pemodelan Grafik ini, saya menjadi lebih mengerti bahwa adanya suatu desain itu ternyata penting dalam menggambarkan sesuatu. Dengan adanya desain, kita tidak perlu susah menjelaskan sesuatu dengan kata-kata yang panjang dan lebar.
2. Pengertian Desain Pemodelan Grafik Berdasarkan Tugas
Desain Pemodelan Grafik, sesuai dengan pengertiannya adalah suatu proses dimana akan diciptakan suatu obyek baru menggunakan suatu perangkat lunak yang melalui tahapan-tahapan yaitu membuat, menyimpan, dan memanipulasi model dan citra. Dengan suatu desain akan mempermudah seseorang dalam mengungkapkan sesuatu. Desain ini sudah ada sejak dahulu kala. Contohnya adalah desain-desain yang digunakan pada suatu kebudayaan. Di Indonesia sendiri ada batik dan candi-candi yang di hiasi dengan gambar atau pahatan yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu. Misalnya saja untuk menggambarkan tentang kehidupan pada masa lampau. Desain juga digunakan untuk interaksi manusia dengan komputer. Desain-desain pada komputer dirancang sedemikian rupa sehingga di harapkan dapat memberikan informasi tentang fungsi dari icon tersebut yang kemudian dapat membantu manusia dalam berinteraksi dengan komputer. Desain juga dapat dibuat dengan suatu perangkat lunak. Dengan perangkat lunak tersebut, kita dapat berkreasi membuat berbagai object yang kita inginkan dengan bantuan perangkat lunak tersebut. Perangkat lunak itu antara lain blender dan etoys. Blender sendiri adalah perangkat lunak untuk grafis 3 dimensi yang gratis dan populer di kalangan desainer. Sedangkan Etoys adalah sebuah program yang digunakan oleh anak usia 3-4 tahun, bahasa pemrograman yang di gunakan berorientasi objek berbasis prototipe. Di blender sudah terdapat object-object standar, yang kemudian kita dapat mengkreasikan object-object tersebut menjadi sebuah object baru dan kemudian memberi warna dan animasi pada object tersebut. Untuk etoys, kita dapat berkreasi membuat sebuah object dengan menggambarnya langsung sendiri kemudian memberikannya animasi yang dipadukan dengan suara-suara yang unik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar