E-Commerce atau Electronic Commerce
yaitu suatu bentuk jual beli yang dilakukan dengan sistem elektronik seperti
internet dan televisi. E-Commerce melibatkan transfer dana elektronik,
pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem
pengumpulan data otomatis. e-commerce itu memang di buat untuk menaikan
produksi barang, dimana menarik pembeli dari seluruh dunia yang terhubung
internet sehingga hasil produksi lebih besar, selain menaikan produksi barang
keuntungan juga dapat meningkat dimana akhirnya target penjualan tak hanya
dalam negeri namun ke negara-negara lain, terakhir adalah mempererat hubungan
dagang penjualan antar perusaan baik dalam negeri maupun luar negeri.
Sekarang ini E-Commerce dapat dikatakan sukses menciptakan trend baru dalam berbisnis. Kini semua individu atau kelompok dapat menjadi enterpreneur atau bussinessman tanpa dipusingkan masalah tempat dan pajak yang biasanya harus dibayarkan oleh mereka yang membuka usaha atau bisnis pada umumnya. karena dalam E-Commerce yang dibutuhkan hanyalah kontent atau wadah(website) untuk menampilkan produk yang akan dipasarkan melalui internet setelah itu pembeli akan melihat produk produk yang ada dalam website dan jika pembeli tertarik maka dapat langsung melakukan transsaksi dengan sang penjual. transaksi yang dilakukan beragam ada yang bertatap muka langsung adapula yang menggunakan transfer melalui ATM bank. Beberapa fakor yang membuat E-Commerce sukses dan menjadi primadona baru dalam sistem jual beli adalah sebagai berikut :
Sekarang ini E-Commerce dapat dikatakan sukses menciptakan trend baru dalam berbisnis. Kini semua individu atau kelompok dapat menjadi enterpreneur atau bussinessman tanpa dipusingkan masalah tempat dan pajak yang biasanya harus dibayarkan oleh mereka yang membuka usaha atau bisnis pada umumnya. karena dalam E-Commerce yang dibutuhkan hanyalah kontent atau wadah(website) untuk menampilkan produk yang akan dipasarkan melalui internet setelah itu pembeli akan melihat produk produk yang ada dalam website dan jika pembeli tertarik maka dapat langsung melakukan transsaksi dengan sang penjual. transaksi yang dilakukan beragam ada yang bertatap muka langsung adapula yang menggunakan transfer melalui ATM bank. Beberapa fakor yang membuat E-Commerce sukses dan menjadi primadona baru dalam sistem jual beli adalah sebagai berikut :
- Menyediakan harga kompetitif
- Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
- Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
- Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
- Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
- Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
- Mempermudah kegiatan perdagangan
meski demikian E-Commerce
bukan atnpa celah,ada beberapa kelemahan dari E-Commerce diantaranya :
- Penipuan dengan cara pencurian identitas dan membohongi pelanggan.
- Hukum yang kurang berkembang dalam bidang e-commerce ini.
- Barang tidak sesuai dengan display yang ditampilkan pada website.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar