Rabu, 10 Oktober 2012

Pengantar Bisnis Informatika


Bicara mengenai bisnis tentu kita harus tau apa itu bisnis. Berdasarkan ilmu ekonomi, bisnis adalah individu atau sebuah kelompok yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau pelaku bisnis lainnya
Macam-macam jenis kepemilikan bisnis

Selain penjelasan di atas, kepemilikan bisnis memiliki berbagai jenis antara lain :
  1. Perseorangan, disini artinya bisnis dijalankan oleh sebuah badan usaha yang dimiliki satu orang saja, jadi segala sesuatu baik itu keuntungan maupun kerugian hanya berdampak pada pemilik perusahaan, contoh kepemilikan bisnis perseorangan PT Bank Mandiri (Persero)
  2. Persekutuan, disini pemilik bisnis dijalankan oleh 2 perusahaan atau lebih guna menjalankan segala sesuatu yang berhubungan penjualan baik barang maupun jasa secara bersama-sama, demikan juga dengan dengan keuntungan dan kerugian di tanggung bersama-sama
  3. Perseroan adalah bisnis yang kepemilikannya dipegang oleh beberapa orang dan diawasi oleh dewan direktur. Setiap pemilik memiliki tanggung jawab yang terbatas atas harta perusahaan.
  4. Koperasi, adalah sistem bisnis yang didalamnya menganut sis tem ekonomi yang pro rakyat, koperasi dibuat untuk mensejahterahkan anggota-anggotanya, koperasi memiliki Identitas ganda maksudnya anggota koperasi merupakan pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Sedangkan Informatika secara harfiah berasal dari kata infomasi dan matematika yang kalo di jabarkan adalah kumpulan informasi yang diolah secara komputasi sehingga di dalamnya memuat pengumpulan data, memrosesan data, menampilkan data, mengurangi dan menambahkan data yang di olah secara komputerarisasi.

Jadi "Bisnis Informatika" mengandung arti suatu kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan (profit) yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Yang dimaksud teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi, seperti internet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar